Privasi Dalam Dunia IT


Saat ini kemajuan dunia internet sangat pesat. Perkembangannya beranjak naik sangat cepat, baik secara internasional atau domestik Indonesia. Dari perkembangan internet yang begitu cepat, banyak perubahan yang didapat.
Sebelum munculnya internet seperti saat ini, hampir semua aktivitas masih bersifat konvensional. Tetapi hal ini sangat berbeda setelah munculnya dunia internet. Keuntungan yang didapatkan dari perkembangan dunia online membuat segalanya menjadi mudah.

Disamping keuntungan tersebut, tenyata ada juga dampak negatif yang dapat dirasakan oleh para pengguna internet. Tidak sedikit terdapat penyalahgunaan media online yang telah terjadi. Salah satunya adalah ada sebuah upaya negatif pelecehan nama dan kehormatan. Apalagi bagi anda yang suka sekali berselancar di dunia internet.  Perkembangan jejaring sosial diinternet, seperti facebook, twitter, google dan lainnya membuat orang lain dengan mudah dapat mengetahui informasi pribadi anda. meskipun berbagai "penghalang" telah dipasang untuk melindungi data privasi anda di dunia maya, bisa saja dijebol.

Hal ini mau tidak mau memaksa kita untuk mencari tahu bagaimana cara menjaga Privasi dalam Dunia IT,agar hal-hal yang tidak kita inginkan dapat kita cegah.

Berikut ini beberapa tips untuk mencegah terjadinya hal tersebut :
  1. Dalam penulisan password sebaiknya anda membuat kombinasi antara huruf & angka, hal ini dimaksutkan untuk mempersulit seseorang membobol akun kita.
  2. Hindari penulisan tanggal lahir dalam pembuatan password.
  3. Ada baiknya untuk tidak mempublikasikan alamat email kita.karena hal ini juga yang mempermudah aksi seseorang yang ingin membobol akun kita.
  4. Jangan pernah tanggapi email yang gak jelas asal usulnya. Apalagi yang sampai menyuruh kita unuk mengisikan password kita, biasanya hal ini sering dilakukan dengan embel-embel hadiah sehingga kita dengan mudahnya terbujuk oleh rayuan-rayuan palsu mereka.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »